Konsisten Tingkatkan Kualitas Layanan Mutu, Thursina IIBS Raih Sertifikasi ISO 9001:2015

Thursina International Islamic Boarding School (IIBS) resmi menyandang sertifikat International Standard Organization (ISO) 9001:2015 setelah dinyatakan lolos dalam rangkaian  audit eksternal oleh lembaga sertifikasi TUV SUD Indonesia (23/06).

Quality Assurance of Thursina IIBS Ustadzah Harismaning Aulia, M.A. mengungkapkan, ISO 9001:2015 sendiri merupakan acuan standar internasional terkait manajemen mutu yang menetapkan prinsip-prinsip penting dalam kualitas layanan. Gelar tersebut disematkan pada enam jajaran kerja mulai dari unit Education, Relation & Enrolment (REO), Finance, Smart Campus, Human Capital Management (HCM) dan Thursina International Office. "Diraihnya Sertifikasi ISO 9001:2015 ini menjadi bukti nyata komitmen Thursina IIBS dalam mengimplementasikan sistem manajemen mutu di seluruh unit Thursina IIBS" terangnya.

   

Lebih lanjut ia mengungkapkan, proses sertifikasi sendiri dilakukan oleh badan sertifikasi internasional yang telah diakui kredibilitasnya, TUV SUD Indonesia. Sebelum proses audit dengan tim asesor, tinjauan manajemen secara internal dilakukan terutama dalam menentukan sasaran mutu. Proses audit secara internal rutin dilakukan setiap semester guna memastikan setiap unit masing-masing. “Setelah audit internal dan berbagai evaluasi dilakukan, barulah melakukan audit eksternal dengan tim asesor” imbuhnya.

Lebih lanjut, proses sertifikasi sendiri dilakukan secara mendalam dan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan peninjauan secara mendasar pada kelengkapan dokumen sistem manajemen mutu yang telah ditetapkan dari masing-masing unit kerja. Setelah lolos pada peninjauan pertama baru dilakukan peninjauan tahap kedua. Secara rinci tim asesor melakukan observasi antara kesesuaian dokumen yang telah ditetapkan dengan pelaksanaannya. Beberapa poin penting yang menjadi target penilaian meliputi sasaran mutu, program kerja, evaluasi kerja, database hingga efisiensi operasional. 

   

“Semua indikator tersebut harus direncanakan dan dijalankan dengan matang secara konsisten. Jika poin-poin tersebut tidak terlaksana dengan baik, akan ada proses evaluasi atau pengulangan," tambahnya.

Sertifikasi yang di gelar di Hall Tich Thursina IIBS ini menghadirkan Mr. Arief Prihartono dan Mr. Bustanul Arifin sebagai auditor. Selain itu turut hadir Chairman Thursina IIBS Ustadz M. Ali Wahyudi, M.Pd, Chief Executive Officer (CEO) Ustadz Nur Abidin, M.Ed, Senior Advisor Ustadzah Sumi Rahayu, M.M, seluruh chief, principal, vice principal, deputi serta jajaran manajer dari masing-masing unit. “Dari hasil temuan yang dihasilkan, terdapat 1 minor, 8 improvement dan 1 positif aspek yaitu Thursina telah mampu secara matang dalam menjalankan sistem manajemen mutunya dan melakukan komunikasi dengan baik kepada seluruh unit untuk mengimplementasikan target dan harapan lembaga” tambahnya melengkapi.

   

Diraihnya sertifikasi ISO 9001:2015 ini menjadi bukti nyata dari komitmen Thursina IIBS untuk memberikan layanan pendidikan berkualitas. Upaya dalam mengoptimalkan manajemen operasional semata-mata dilakukan dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar, memberikan layanan terbaik kepada santri dan orang tua.

“Kedepannya, setiap unit di Thursina IIBS akan lebih memiliki kredibilitas dalam menyelenggarakan layanan sesuai dengan standar mutu secara internasional, nantinya raihan ini akan terus ditingkatkan guna menjaga mutu pelayanan berstandar ISO untuk seluruh unit,” pungkasnya. (hel/lil)

Share this post